AMANAH


Q.S. An-Nisa ayat 58:
  
58. Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat.
Imam Ghazali pernah bertanya: apakah yang paling berat di dunia ini? Dan apa pula yang paling ringan?
Yang paling berat adalah amanah.
Amanah berasal dari akar kata yang sama dengan iman. Rasulullah menyebutkan bahwa orang beriman adalah orang yang mampu menciptakan kondisi tenteram, aman, dan damai di sekitarnya. Dampak iman seseorang yaitu ketika orang lain merasa aman dari mulutnya (ucapannya) dan tangannya (perbuatannya).
Kepada siapa amanah itu diberikan? Amanah pernah ditawarkan kepada bumi, laingit, dan gunung tetapi kesemuanya itu tidak sanggup mengemban amanah, dan kemudian manusialah yang sanggup mengembannya.
Bagaimana wujud amanah itu?
Rasulullah diberi gelar Al-Amin, orang yang dipercaya. Beliau tidak penah berbohong dan berkhianat atas tugas yang diberikan kepadanya. Dalam berdagang beliau jujur dan melaporkan hasil perdagangannya dengan jujur. Sehingga masyarakat Mekkah yang ingin mengamankan barang berharganya biasanya mereka titip kepada Muhammad SAW. Rasulullh pun menjaga amanah itu dengan baik.
Salah satu khalifah legendaris yang pernah mengantar umat Islam berjaya, sampai-sampai waktu itu ketika zakat hendak dibagikan tidak ditemukan lagi golongan fakir miskin yang akan dibagikan zakat sehingga zakat ditampung di Perbendaharaan Negara (Baitul Mal). Khalifah yang dimaksud adalah Umar bin Abdul Aziz pada masa kekuasaan Bani Umayyah. Suatu ketika beliau menerima tamu utusan salah satu gubuernurnya. Umar menyalakan beberapa lilin kemudia mereka berbicara tentang tugas-tugas kenegaraan, tentang ekonomi masyarakat, tentang kesehatan masyarakat, tentang hak-hak anak dalam pengasuhan dan pendidikan, dll.
Tetapi ketika sang utusan bertanya kepadanya tentang kabar beliau, tentang kesehatannya, tentang keluarganya, maka segera Umar bin Abdul Aziz mematikan lilin dan menggantinya dengan pelita yang sinarnya redup-redup. Setelah ditanya mengapa? Ternyata lilin tadi adalah milik negara dan dipergunakan manfaatnya utk kepentingan negara sedangkan pelita yang redup2 itu adalah milik pribadinya yang digunakan ketika yang dibahas adalah hal-hal pribadi.
Sekarang di negara kita bagaimana? Terakhir ada lagi walikota yang ditetapkan tersangka oleh KPK  karena dituduh menerima suap dari pengusaha. Sebelumnya ada beberapa kepala daerah. Data menunjukkan bahwa dari Oktober 2014 s.d. 23 September 2017 sudah 37 Kepala Daerah/Wakilnya yang bermasalah dengan hukum, 29 di antaranya ditangani oleh KPK. Mengapa terjadi seperti itu? Karena adanya keserakahan yang tak terkendali pada diri manusia.
Apakah hanya pemimpin yang diberi amanah?
Pada masa kekuasaan Islam di Istanbul Turki ada peraturan yang dibuat oleh Sultan Muhammad Al-Fatih, pendiri kerajaan Turki Usmaniyah, yaitu beliau memerintahkan agar seluruh pintu gerbang kota Istanbul ditutup setelah azan magrib dan baru dibuka setelah azan subuh dengan alasan keamanan.
Sinan Pasha adalah salah satu prajurit penjaga salah satu pintu gerbang benteng. Suatu hari ia menjaga pintu. Saat itu, Sultan Sulaiman bersama pengawalnya keluar kota dan terlambat masuk kembali. Saat mereka tiba di pintu gerbang benteng, pintu sudah tertutup. Maka pengawal Sultan pun berteriak meminta Sinan Pasha untuk dibukakan pintu tetapi Sinan Pasha bersikeras untuk tidak membuka sesuai perintah Sultan. Beberapa kali diminta membuka tetapi dia tetapi tidak mau membuka. Sampai akhirnya Sultan sendiri yang berteriak untuk dibukakan tetapi lagi-lagi Sinan Pasha tidak membukakan karena tidak mengenal suara Sultan. Akhirnya Sultan megatakan “Buka wahai Sinan, saya jamin Sultan tidak akan memarahimu”. Sinan menjawab “Bagaimana bisa engkau menjamin saya?” Sultan mengatakan: “Karena sayalah Sultan”.
Sinan Pasha pun merasa bersalah. Tetapi Sultan malah memujinya karena bisa menjaga amanah. Lalu Sinan Pasha diberi penghargaan dengan mengajukan permintaan. Dia tidak meminta harta dan pangkat tetapi Sinan Pasha meminta sesuatu dari keinginannya yang terpendam yaitu membangun sebuah masjid. Dibangunkanlah mesjid oleh Sultan dan diberi nama masjid Jami’ Sinan Pasha.
Jadi, amanah diberikan kepada kita semua sesuai dengan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing.
Apa yang paling ringan?
Yang paling ringan adalah meninggalkan shalat.
Shalat adalah kewajiban dasar bagi kita umat Islam. Begitu mudahnya kita meninggalkannya hanya demi menggapai dunia, pangkat, harta, dll. Mengapa orang-orang melakukan korupsi? Ini ada kaitannya dengan shalat/ibadah mereka kepada Allah. Ketika kita mudah meninggalkan shalat maka kita akan sangat sulit mengemban amanah. Sebaliknya jika kita konsisten mendirikan shalat maka insya Allah akan mudah juga mengemban amanah.
Hari ini ada tagline politik yaitu “Pilihlah yang Amanah”. Semoga semua kita bisa amanah, semoga semua calon pemimpin kita bisa amanah, tidak hanya amanah saat kampanye tetapi saat terpilih pun bisa amanah. Jangan sampai amanah saat kampanye tetapi setelah terpilih kata “amanah” itu berubah menjadi “amanmi”. Karena sudah merasa aman di “kursi” sehingga lupa “Amanah”. Wallahu A’lam.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ibadah dan Akhlak

Al-Quran Surah Al-Mukminun ayat 1 – 9 :    1. Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, 2. (yaitu) orang-orang yang khusyu...